Saturday, December 27, 2008

WHY OH WHY?

(originally wrote on August 30th, 2005, di tengah kemelut mengerjakan Tugas Akhir)

Kenapa orang punya kecenderungan untuk mengeneralisasikan sesuatu atau seseorang ? Hanya karena pernah melihat seseorang berbuat buruk lalu langsung menjudge bahwa orang tersebut buruk tanpa melihat alasan, kondisi, perasaan dan prioritas orang tersebut.

Kenapa orang cenderung menghakimi sesuatu atau seseorang tanpa berusaha meyakinkan dirinya bahwa mungkin saja keburukan yang dia lihat itu hanya terjadi sesekali dan kebetulan dia berkesempatan menyaksikannya dan terlalu malas untuk cari tau apa yang sebenernya terjadi.

Kenapa orang cenderung lebih melihat keburukan orang ketimbang kebaikan orang tersebut? Orang yang sekali pernah berbuat buruk akan selalu diinget keburukannya padahal mungkin saja orang itu juga sudah banyak berbuat kebaikan tapi hanya karena sekali pernah berbuat kesalahan, maka berhak dihakimi kalo dia itu bangsat, bajingan, jahanam, sampah dan kata-kata sumpah serapah lainnya.

Kenapa orang cenderung melihat seseorang dengan pandangan negatif tanpa mau tau seperti apa sebenernya kepribadian orang tersebut dan apa sebenernya yang dirasakan orang tersebut? Kalo seseorang mengerjakan sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan orang-orang di sekitarnya akan dianggap tidak berguna dan dipertanyakan "ngerjain apa sih selama ini".. padahal dia tidak tau bagaimana perjuangan berat yang selama ini udah ditempuh.

Kenapa orang selalu berharap banyak dari orang laen sementara dirinya sendiri tidak melakukan apa-apa dan terlalu sibuk dengan urusan pribadinya? Apa dengan begitu dia berhak menjudge seseorang itu buruk dan ga berguna? Apa selama ini dia tau apa yang harus seseorang itu jalanin dalam hidupnya? Apa dia peduli kalo seseorang itu harus dengan susah payah bangkit untuk membangkitkan semangat hidupnya lagi? Apa dia memahami apa yang ada dalam pikiran seseorang tersebut?

This goes out to y'all, my friends out there..

Don't judge a book by its cover..

Learn what's in it, understand the meaning of it..

Then u have the right to judge people..

No comments:

Post a Comment